Tuesday, March 17, 2020

Matematika 5 - Data Penduduk - II

Hasil gambar untuk math 3d
Tonton video di bawah ini !


Tugas Siswa :
1. Tuliskan informasi-informasi yang kalian dapatkan dari video tersebut dalam bentuk deskripsi di buku tulis ! Minimal 10 informasi ! Satu informasi mendapat 10 poin.
2. Foto hasil kerja kalian dan kirim ke grup WA.


Absen klik link berikut : Absen

Monday, March 16, 2020

Tema 8 - Pembelajaran 3 ST 1

A. Mengidentifikasi Peristiwa pada Bacaan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman budaya yang tinggi.
  • Ada beragam budaya di Indonesia. Salah satu keragaman budaya tersebut adalah bahasa daerah.
  • Setiap daerah memiliki ciri khas bahasanya sendiri-sendiri yang menjadi dialek dan logat yang berbeda-beda.
  • Dialek adalah variasi bahasa yang berbeda-beda menurut pemakai. Logat adalah cara mengucapkan kata (aksen) atau lekuk yang khas, yang dimiliki oleh masing-masing orang sesuai dengan asal daerah ataupun suku bangsa.
  • Beragamnya bahasa daerah tersebut salah satunya menghasilkan keragaman kosakata. Satu kta yang sama dalam bahasa Indonesia dapat memiliki banyak kosakata dalam berbagai bahasa daerah, contohnya kata "sungai".
  • Kata "sungai" disebut dalam beragam bahasa daerah di Indonesia, yaitu Krueng (Aceh), Binanga (Batak), Aek, Air, Aie, Batang, atau Sei (Melayu), Way (Lampung), Batang Banyu (Banjar), Batang, Danum (Ngaju), Walungan, Ci (Sunda), Bengawan, Kali (Jawa), Tukad (Bali), Kokok (Sasak), Salo/Salu (Bugis-Makassar).
Untuk mengetahui beragamnya bahasa daerah di Indonesia, bacalah teks berikut ini !
   Bila seseorang menanyakan apa keistimewaan negara Indonesia, pastinya kita akan menjawab Indonesia memiliki beragam budaya dan wisata. Bukan hanya itu, Indonesia juga memiliki berbagai tradisi dan kuliner yang tidak kalah menarik dari negara lain. Namun, selain itu, Indonesia ternyata memiliki 707 bahasa.
Sebagai warga negara Indonesia, pastinya kita sangat membanggakan sumber daya alam dan budaya yang kita miliki. Berdasarkan situs riset linguistik dan telaah bahasa dunia, Ethnologue menyatakan Indonesia berada pada peringkat kedua dengan bahasa terbanyak di dunia. Indonesia dinyatakan memiliki 707 bahasa.
   Dari sekian banyak bahasa daerah yang dimiliki Indonesia, 701 bahasa merupakan bahasa asli yang digunakan masing-masing etnis, dan enam di antaranya bukan bahasa asli. Namun, terdapat hal yang memprihatinkan dari ratusan bahasa ini, terdapat 76 bahasa di Indonesia yang terancam punah.   
Menurut Ethnologue, 
Indonesia memiliki 719 bahasa daerah, tetapi sampai saat ini sisa 707 bahasa yang masih digunakan. Faktor yang membuat Indonesia memiliki banyak bahasa adalah letak geografis dan kekayaan suku yang dimiliki.
   Peringkat pertama yang memiliki bahasa terbanyak di dunia adalah di Papua Nugini. Menurut World Economic Forum (WEF), banyaknya bahasa di sana dipengaruhi oleh topografi. Letak geografis membuat mereka hidup di masing-masing daerah dengan suku terpisah, dan bahasa menjadi identitas bagi masing-masing suku.
Sumber : www.liputan6.com/lifestyle/read/3020379/indonesia-punya-ratusan-bahasa-76-di-antaranya-terancam-punah
  • Pada teks bacaan di atas, dapat diidentifikasi peristiwa yaang ada sebagai berikut :
  1. Indonesia memiliki beragam budaya dan wisata serta berbagai tradisi dan kuliner yang tidak kalah menarik dari negara lain.
  2. Indonesia juga memiliki 707 bahasa di mana 701 bahasa merupakan bahasa asli yang digunakan masing-masing etnis dan enam di antaranya bukan bahasa asli.
  3. Berdasarkan situs riset dan telaah bahasa dunia, Ethonologue menyatakan Indonesia berada pada peringkat kedua dengan bahasa terbanyak di dunia.

Apa lagi yang kamu temukan pada teks di atas ? Tuliskan di kolom komentar  !


B. Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia

Mata Pelajaran : PPkn



Hasil gambar untuk keragaman sosial dan budaya

  •    Bangsa Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat banyak. Keragaman tersebut adalah salah satu bentuk kekayaan bangsa. 
  • Contoh wujud keragaman budaya di Indonesia mencakup  :
  • 1. Bahasa
  • 2. Agama
  • 3. Mata pencaharian penduduk
  • 4. Suku bangsa
  • 5. Rumah adat
  • 6. Kesenian daerah. 
  • Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki bahasa daerah yang berlainan. 
  • Misalnnya:
  • 1. Bahasa Madura
  • 2. Bahasa Jawa
  • 3. Bahasa Sunda
  • 4. Bahasa Bali
  • 5. Bahasa Minahasa
  • 6. Bahasa Banjar
  • 7. Bahasa Batak
  •   Bahasa daerah yang dipergunakan setiap hari dan diajarkan sejak kecil oleh keluarga disebut bahasa ibu.
  •   Mata pencaharian penduduk merupakan bentuk kebudayaan. Mata pencaharian masyarakat desa dan kota berbeda. 
  •    Beberapa suku bangsa memiliki jumlah penduduk yang besar, diantaranya suku Jawa (45% penduduk Indonesia), Sunda (14%), Madura (8%), dan Batak (7%)
  •    Tiap suku bangsa di Indonesia memiliki ciri bentuk bangunan rumah yang khas antara lain : 
  1. Tongkonan dari Sulawesi Selatan
  2. Gadang dari Sumatera Barat
  3. Joglo dari Jawa Tengah
  4. Honai dari Papua 
  5. Betang dari Kalimantan Tengah
              Setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat. Pakaian itu digunakan saat tertentu. Misalnya perkawinan atau upacara adat lannya.
Beberapa contoh pakaian adat di Indonesia :
  1. Ulee Balang dari Aceh
  2. Kain Ulos dari Sumatera Utara
  3. Surjan dari Yogyakarta
  4. King Bibinge ddan King Baba dari Kalimantan Barat
  5. Baju Boodo dari Sulawesi Selatan
  6. Lambung dari NTB
         Tarian daerah adalah tarian-tarian yang ada di suatu daerah.
Macam-macam tarian daerah di Indonesia :
  1. Tari Seudati dari Aceh
  2. Tari Kecak dari Bali
  3. Tari Gambyong dari Jawa Tengah
  4. Tari Musyoh dari Papua
  5. Tari Lensi dari Maluku
         Lagu daerah adalah lagu yang ada di tiap daerah dengan syair menggunakan bahasa daerah setempat.
Contoh lagu daerah di Indonesia :
  1. Ampar-ampar Pisang dari Kalimantan Selatan
  2. Apuse dari Papua
  3. Cublak-cublak Suweng dari Jawa Timur
  4. Tokecang dari Jawa Barat
  5.  Anging Mamiri dari Sulawesi Selatan
        Pertunjukkan rakyat biasanya dipentaskan pada waktu penduduk setempat memiliki hajatan atau upacara adat.
Contoh pertunjukkan rakyat di Indonesia :
  1. Ketoprak dan Wayang Kulit dari Jawa Tengah dan Yogyakarta
  2. Makyong dari Riau
  3. Ludruk dari Jawa Timur
  4. Lenong dari Jakarta
Sikap menghormati keragaman sosial budaya bangsa dapat dilakukan dengan cara menjaga kerukunan dan persatuan serta bangga terhadap keragaman suku dan budaya Indonesia.


C. Jenis-jenis Usaha Masyarakat

Mata Pelajaran : IPS
Hasil gambar untuk macam usaha agraris
    Hasil gambar untuk macam usaha agraris 
  • Salah satu jenis usaha masyarakat adalah mengolah sumber daya alam dari lingkungan.
  • Jenis usaha bidang produksi yang bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam disebut usaha agraris.
  • Jenis usaha yang termasuk bidang agraris antara lain, persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.
  • Pada era ini, kita dapat melakukan penanaman pada lahan sempit dengan teknik hidroponik dan vertikultur .
  • Hidroponik adalah menanam tanaman dengan media air.
  • Vertikultur adalah cara bercocok tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal atau tersusun ke atas.
  • Kegiatan produksi di bidang kehutanan menghasilkan kayu, rotan, dan damar. Bahan-bahan ini banyak digunakan untuk bahan bangunan dan peralatan rumah tangga.
  • Bidang kehutanan bersifat ekstraktif, yakni memungut hasil hutan dan bisa langsung dijual
  • Bidang pertambangan juga disebut bersifat ekstraktif, karena dapat langsung mengambil sumber daya alam dan bisa langsung di jual tanpa melalui proses produksi. Barang tambang termasuk barang yang tidak bisa diperbarui, artinya jika digunakan atau diambil terus-menerus  makan akan habis.
  • Indonesia adalah negara yang kaya bahan tambang. 
Beberapa hasil tambang antara lain: Gas bumi, minyak bumi,batu bara, pasir besi, tembaga, dan emas.

Untuk lebih jelasnya lihat video di atas. 

Klik link berikut ini untuk >>> Absen dan Soal Latihan


Matematika - Penyajian Data - Pembelajaran 1 (Kelas 4 dan 5)

Prolog
Sebelumnya kalian telah belajar tentang beberapa diagram,kan? Masih ingat?
Penyajian data berupa gambar, disebut diagram gambar.
Penyajian data berupa batang-batang, disebut diagram batang.
Penyajian data berupa garis, disebut diagram garis.
Hari ini kita akan belajar tentang Diagram Lingkaran . 
Baca dengan benar dan pelan-pelan ya ! Pasti bisa memahami dengan baik. 
Jangan lupa berdoa terlebih dahulu❤

Hasil gambar untuk diagram lingkaran 3d

A. Pengertian Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran adalah diagram yang menunjukkan sebuah data ataupun hasil angka dalam bentuk lingkaran. Sementara itu pada pelajaran matematika diagram lingkaran sering digunakan untuk menunjukkan persentase, menentukan statistik, derajat dan lain-lain. 
Perhatikan gambar di bawah ini :
Dari gambar diatas bisa dilihat kalau data yang terdapat pada gambar adalah data A, B, C dan D merupakan data yang paling besar. Untuk mencari besaran atau berapa jumlah pada masing-masing data tersebut kamu harus mengetahui jenis lingkaran yang terdapat pada soal. Jenis Diagram lingkaran antara lain:
  1. Diagram lingkaran biasa (dalam bentuk angka)
  2. Diagram lingkaran dalam bentuk derajat (°)
  3. Diagram lingkaran dalam bentuk persen (%)

B. Rumus Diagram Lingkaran
Rumus untuk mencari nilai pada diagram lingkaran tersebut berbeda-beda tergantung diagram jenis apa yang digunakan.
1. Rumus diagram lingkaran biasa (dalam bentuk angka)
Pada kasus diagram lingkaran biasa (dalam bentuk angka), anda dapat menghitungnya sesuai dengan rumus umum diagram lingkaran yang biasa di gunakan:
Rumus Wajib Diingat:
Jumlah data yang ditanyakan = total jumlah data – total data yang diketahui

Contoh Soal :

Sebuah kelas memiliki total siswa sebanya 42 siswa yang mengikuti ekskul di bentuk dalam diagram lingkaran sebagai berikut:Pertanyaan : Berapakah siswa yang tidak mengikuti ekskul ???

Jawab :
Diketahui :
Total siswa    = 42 siswa
Eskul basket = 10 siswa
Eskul bola     = 5 siswa
Eskul silat     = 10 siswa
Ditanyakan:
Siswa yang tidak mengikuti eskul … ?

Penyelesaian:
Ingat Rumusnya :
Jumlah data yang ditanyakan = total jumlah data – total data yang diketahui
Siswa yang tidak mengikuti eskul = total siswa – (eskul basket + eskul bola + eskul silat)
= 42 siswa – (10 siswa + 5 siswa + 10 siswa)
= 42 siswa – 25 siswa
= 17 siswa
Jadi, siswa yang tidak mengikuti eskul sama sekali adalah 17 siswa .

Untuk Absen hari ini dan latihan klik link berikut ini Absen dan soal latihan MTK 4 dan 5

Sunday, March 15, 2020

Tema 8 - Pembelajaran 2 ST 1

A. Siklus Air
Mata Pelajaran : IPA
Bacalah teks berjudul Siklus Air berikut ini !

SIKLUS AIR

Gambar 1.1 Siklus Air
   Air merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa air, manusia dapat mengalami gangguan kesehatan, bahkan bisa meninggal. Adanya pergantian musim, air bisa datang dan bisa pergi. Di musim hujan, air melimpah. Adapun di musim kemarau, air berkurang bahkan terjadi kekeringan.
   Sebenarnya air selalu tersedia di bumi. Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air adalah perputaran air yang terjadi di alam. Siklus air terjadi berulang-ulang secara teratur. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi.
  Siklus air terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Cahaya matahari, udara, arah angin, dan kelembapan udara berpengaruh pada kelangsungan siklus air.

Perhatikan Video di bawah ini !


Proses siklus air dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Air laut terekena panas matahari sehingga menguap menjadi awan.
  2. Awan ditiup angin sehingga berkumpul di atmosfer. Makin naik ke atas, suhu awan semakin dingin.
  3. Awan yang suhunya dingin berkondensasi menjadi titik-titik air. Kondensasi adalah perubahan uap air atau benda gas menjadi benda cair pada suhu udara di bawah titik embun.
  4. Titik-titik air terbawa oleh angin dan jatuh menjadi hujan.
  5. Air hujan yang jatuh di darat masuk ke sungai. Air sungai mengalir ke laut. Sebagian air hujan akan menjadi air tanah.
  6. Air tanah keluar sebagai sumber air. Siklus air terjadi berulang-ulang sehingga air selalu tersedia di bumi.
B. Menyanyikan Lagu "Air Terjun"
Mata Pelajaran : SBdP
  • Apa itu air terjun ? Air terjun adalah aliran air yang terbentuk ketika aliran air jatuh dari tempat yang tinggi. Air yang jatuh akan menggerus dasar sungai hingga terbentuk cekungan berupa kolam.
  • Air terjun dapat juga terjadi karena adanya patahan yang di atasnya terdapat aliran sungai.
  • Air terjun banyak sekali ditemukan di belahan bumi ini, termasuk Indonesia. Beberapa contoh air terjun di Indonesia, yaitu Air Terjun Penimbungan (NTB), Air Terjun Grojogan Sewu (Jawa Tengah), dan Air Terjun Sigura-gura (Sumatera Utara).
Sebuah lagu yang berjudul Air Terjun

Hasil gambar untuk nada lagu air terjun
Cek video berikut :

C. Urutan Peristiwa dalam Bacaan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Urutan peristiwa dalam cerita disebut juga alur. Alur adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita. Alur juga dapat diartikan jalinan peristiwa dalam karya sastra untuk mencapai efek tertentu.
  • Alur dibagi menjadi tiga, yaitu alur maju, mundur, dan campuran.
  • Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutanya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.
  • Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).
  • Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.
Bacalah cerita di bawah ini !
Semut dan Beruang

Pada suatu hari, Beri si Beruang melihat ke dalam mata air. Beri mengeluh, “Sepertinya air di mata air ini semakin sedikit saja. Pasti bangsa semut terlalu banyak mengambil air!” Beri lalu menundukkan kepala, melihat ke tanah dengan teliti. Ah, ia melihat seekor semut hitam berjalan membawa guci mungil di pundak.“Berhenti, semut!” teriaknya. “Aku tak akan membiarkanmu mengambil air di sumber airku lagi. Kamu sudah terlalu banyak mengambil air. Berhenti atau kucakar kau!” ancam Beri Beruang.

Semut hitam kecil itu tidak memperhatikan teriakan Beri. Ia merangkak ke bawah beberapa helai daun kering. Ia terus berjalan menuju sumber mata air. Beri mencakar dan mengendus daun-daun sambil berteriak, “Tak ada gunanya sembunyi! Aku bisa menemukanmu!”

Semut hitam berteriak dari arah belakang Beri, “Kenapa kamu pelit sekali? Bayi-bayi semut di lembah semut sangat kehausan. Air di mata air ini kan masih banyak sekali. Bahkan masih cukup untuk seribu rusa.”
“Dengar kataku!” geram Beri sambil membalik tubuhnya. “Aku tak akan memberikanmu air lagi. Semua semut dilarang mengambil air di sini lagi!” Semut Hitam terdiam sebentar.
 Lalu katanya, “Apa boleh buat, kalau kau sudah memutuskan begitu! Tapi aku tetap akan mengambil air untuk bayi-bayi semut di lembah!”Semut dan Beruang.

Beri beruang sangat marah. Namun, Semut Hitam sudah menghilang lagi ke bawah daun-daun kering. Beri mencarinya, tetapi ia tidak melihat apa-apa di rumput. Akhirnya ia kembali dengan jengkel ke sarangnya di dekat pohon oak.

Semut-semut yang haus menunggu di lembah semut. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya mereka berbaris menuju mata air. Salah satu semut melihat guci air milik Semut Hitam yang tergeletak di jalan.
“Pasti Semut Hitam mendapat masalah. Lihatlah! Ini gucinya, tapi dia tidak tampak!” Mereka memungut guci itu dan terus berjalan.
Saat itu seekor kelinci mengintip dari balik semak. Kelinci itu mengangkat telinganya dan berbisik, “Jangan pergi ke mata air itu. Pulanglah, kalian dalam bahaya. Beri sedang marah. Ia bilang, air di mata airnya berkurang. Ia akan mencakar semut-semut yang berani mengambil air dari mata airnya!” Akan tetapi semut-semut itu tidak takut. “Mana beruang itu sekarang?” tanya mereka.
“Ia sedang di rumahnya beristirahat,” jawab Kelinci. Semut-semut itu berbaris seperti tali sepatu di rumput. Mereka melihat seekor tupai duduk di pohon dan bertanya, “Apa kami sedang berjalan tepat ke arah sarang beruang?”
“Ya, ya, ini memang jalan ke arah sarangnya,” jawab Tupai. “Tapi sebaiknya kalian balik ke rumah. Beri beruang dari tadi berteriak terus. Katanya, kalau kalian mengambil air dari mata airnya, ia akan mencakar kalian.”
Akan tetapi semut-semut itu tak mau kembali. Mereka terus berbaris seperti tali sepatu di tanah. Hari hampir malam ketika mereka tiba di depan pohon oak tua. Mereka melihat sekeliling, dan menemukan sebuah retakan di tanah. Mereka masuk ke dalamnya, dan mulai menggali sebuah lubang.

“Apa yang kalian lakukan? Kenapa kalian menggali?” tanya Tikus Tanah yang merasa terganggu dari tidurnya. “Kami ingin menangkap Beri beruang. Kami sedang membuat jebakan untuknya,” kata para semut.

“Bahaya sekali!” seru Tikus Tanah.

“Dia pasti sudah menangkap Semut Hitam saudara kami. Ia juga berniat mencakar kami, hanya karena kami mengambil air dari mata air!” kata semut-semut.
“Aku akan menolong kalian menggali di bawah sarangnya. Aku pernah hampir tertangkap dia dahulu.”

Seharian itu, para semut dan Tikus Tanah menggali lubang di bawah sarang Beri. Mereka terus menggali selama sepuluh hari. Beri beruang sama sekali tidak curiga.
Suatu malam di hari kesepuluh, Beri beruang kembali ke sarangnya dengan hati gembira. Ia berhenti di depan rumahnya di pohon oak dan berkata pada dirinya,

“Aku sudah makan dan minum sampai kenyang. Satu-satunya yang bikin aku jengkel adalah semut-semut itu. Mereka masih berani mengambil air dari mata airku! Besok akan aku hancurkan lembah semut itu! Akan kucakar mereka dengan cakarku seperti ini…”

Beri beruang mulai mencakar ke segala arah. Ia menghentakkan kakinya ke lantai sarangnya dan… BRRUUKK…

Lantai sarangnya jebol. Beri beruang jatuh ke lubang di bawah sarangnya. Lubang itulah yang telah digali para semut dan Tikus Tanah. Beri Beruang harus terus tinggal di lubang itu, kecuali ada penjaga hutan yang menemukannya.

Semut-semut itu akhirnya hidup damai di lembah semut. Saat itu Semut Hitam saudara mereka juga sudah kembali ke rumah. Ternyata ia hanya terpeleset di jalan. Jadi tidak ada yang merusak kebahagiaan mereka sekarang. Para semut dengan bebas pergi mencari makan dan minum di hutan.
(Sumber: bobo.kidnesia.com)

Untuk absen dan soal latihan klik link berikut ini : Absen dan Latihan Pembelajaran 2

Tema 8 - Lingkungan Sahabat Kita - ST 1 Pembelajaran 1

Manusia dan Lingkungannya

Manusia dan lingkungannya - MPLS SD Presiden

  Mata Pelajaran : IPA

Kata Kunci

Pengertian Manusia

Manusia adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, dan mati, dan seterusnya, serta terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik baik itu positif maupun negatif. 

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah suatu media di mana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupannya, dan memiliki karakter serta fungsi yang khas yang mana terkait secara timbale balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya, terutama manusia yang memiliki peranan yang lebih penting dan detail.

Air

 Air sebagai salah satu sumber alam yang terdapat dimana-mana,di bumi, sungai, danau, lautan, dan di bawah tanah. Udara sebagai uap air yang kesemuanya meliputi 4/5 bagian seluruh permukaan bumi. Manusia menggunakan air dengan baik dan berusaha mencegahnya dari pencemarn-pencemaran yang mengganggu berjalannya fungsi vital air dalam. 
A. Manfaat Air bagi Manusia, Hewan dan Tanaman.
- Air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Dapat dikatakan bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa air. 
- Air memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk manusia saja melainkan untuk semua makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan.
- Air dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi, misalnya untuk memasak dan air minum. Air juga dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci.
- Air juga bermanfaat bagi tumbuhan. Air merupakan minuman bagi tumbuhan. 
- Air bermanfaat bagi hewan. Hewan membutuhkan air untuk minum dan bertahan hidup.
- Air begitu penting bagi makhluk hidup. Oleh karena itu, kita harus menghemat air dan menggunakannya dengan baik. 
B. Menyebutkan Peristiwa-Peristiwa atau Tindakan pada Bacaan
  Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bacalah teks di bawah ini !
       Beratnya Perjuangan Warga Desa Karangguli Mendapat Air Bersih
    Sulitnya air bersih membuat warga Desa Karangguli, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, harus memanfaatkan salah satu sumber air yang berada di pantai desa mereka. Ironisnya sumber air yang menjadi satu-satunya kebutuhan warga desa ini hanya bisa didapatkan saat air laut surut dengan cara membuat kubangan agar didapatkan air bersih. Warga mengaku, sumber air tersebut telah dimanfaatkan selama sepuluh tahun lantaran tidak adanya sumber air bersih lainnya di desa mereka.
    Di Desa Karangguli tidak ada air bersih. Jadi, selama ini warga hanya bisa dapat air bersih dari sumber air yang berada di pantai desa mereka. Air tersebut digunakan untuk minum dan mandi. Air bersih tersebut hanya bisa diambil saat air laur surut. Saat air laut sedang pasang, warga harus rela menunggu berjam-jam sampai air laut benar-benar surut. Setelah itu, warga baru bisa mengambil air dari kubangan yang berada di pantai. Namun, sebelum airnya diambil, warga harus menunggu beberapa saat karena airnya masih bercampur dengan kotoran. Jadi, harus diendapkan dahulu sampai airnya jernih.
- Pada sebuah teks bacaan di atas memuat beberapa peristiwa. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat disusun dalam bentuk peta konsep.

Kerjakan latihan pembelajaran ke-1 pada link berikut ini : https://forms.gle/TgmFdgMiAP6SVudR6

Instagram : @superfiveclass


Cara Membuat Animasi Kubus di Software Adobe Flash

Pada postingan kali ini kita akan belajar membuat animasi 3D kubus pada aplikasi adobe flash. Klik link video di bawah ini untuk lebih lengk...